Halaman

Kamis, 24 Januari 2013


Manfaat Kunyit dan Efeknya Bagi Kesehatan



Manfaat kunyit bagi kesehatan, kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional. Selain itu karena warnanya yang kuning, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Tapi jika Anda telusuri lebih jauh ternyata banyak sekali manfaat kunyit selain hanya sebagai penyedap masakan. Salah satu masakan yang menggunakan kunyit sebagai pelengkapnya adalah gulai. Kunyit atau juga sering disebut dengan kunir merupakan rempah-rempah asli dari kawasan Asia Tenggara. Karena manfaatnya yang begitu kompleks, banyak beruncula berbagai suplemen yang dikemas dalam bentuk kapsul dimana bahan dasar utamanya adalah kunyit serta penambahan berbagai vitamin lainnya.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

    kunyit
  • Sebagai antiseptik alami, kunyit dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kanker, karena tanaman ini mengandung zat anti-kanker.
  • Adanya antioksidan pada kunyit dapat membuat anda lebih awet muda karena kunyit memiliki kontribusi dalam pertumbuhan serta peremajaan sel-sel dalam tubuh.
  • Manfaat kunyit dapat mencegah leukimia.
  • Menghancurkan racun dan bahan kimia berbahaya di dalam tubuh.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan jika Anda sedang menjalani program diet. 

Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan

Selain memiliki banyak manfaat, kunyit juga memiliki efek samping negatif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek buruk kunyit bagi kesehatan.
  • Menyebabkan masalah pada lambung, mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan gangguan lambung. Hal ini terjadi karena sifat pedas yang terkandung pada kunyit.
  • Sulit diserap tubuh, zat yang terkandung pada kunyi cenderung sulit diserap tubuh sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat kunyit secara optimal.
  • Efek kemoterapi, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki efek pada kemoterapi, jadi disarankan bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi jangan mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang banyak.
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata kunyit juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Tapi apapun alasannya kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak. Itulah beberapa manfaat kunyit dan efek negatifnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar