Halaman

Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat Kunir atau Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 
 
 
 
 
 
2 Votes

Majalah Wanita – Hai sista sekalian, sudah tau kunyit a.k.a. kunir kan? Tentu sudah ya, kalau hobby jamu atau memasak kunyit ini pasti tidak ketinggalan. Nah Manfaat Kunyit atau Kunir ini ternyata sangat banyak macamnya. Kunyit ini ada yang memasukan dalam kategori rempah-rempah, fungsinya sebagai bumbu juga sebagai pewarna makanan Alami.
Tanaman Kunyit ini sangat banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga kita tidak sulit menemukan kunyit atau kunir ini di pasar tradisional. Di banyak daerah terutama di Jawa Tengah kunyit sangat dekat dengan dunia pengobatan tradisional, resep-resep herbal medecine juga banyak menggunakan Kunyit atau kunir sebagai bahan bakunya, lalu apa saja manfaat kunir atau kunyit :
Manfaat Kunyit atau Kunir Untuk Kesehatan :
  • Kunyit bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegahan peradangan
  • Kunyit bermanfaat untuk mencegah tumor dan mencegah penyebaran tumor secara signifikan
  • Kunyit bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernakan seperti diare, maagh akut, sembelit, dll.
  • Kunyit bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit seperti sayatan, atau luka bakar.
  • Kunyit bermanfaat untuk pengobatan gatal-gatal pada tubuh.
Manfaat Kunyit atau Kunir dalam Kecantikan :
  • Kunyit ini sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan membandel.
  • Kunyit dimanfaatkan untuk pereda rasa nyeri pada waktu datang bulan
  • Kunyit juga berguna untuk menghaluskan kulit, kalau yang satu ini sudah resep lulur turun menurun di Istana Raja di Jawa
Lalu bagaimana jika kita belum bisa mengolah kunyit ? Sista sekalian bisa mendapatkan yang sudah dalam bentuk serbuk, atau banyak juga yang sudah dalam bentuk kapsul, semua bisa kita beli di toko herbal terdekat. O iya, untuk sista yang sedang hamil, jangan konsumsi kunyit yaaa…diduga kunyit pemicu kelahiran prematur.
Oke sekian dulu postingan Manfaat Kunir atau Kunyit, tertarik kan dengan kunyit atau kunir ini, semua tanaman herbal di negara kita ini banyak sekali manfaatnya yang kadang kita sendiri belum tau kan….Oke deh sambung next time yaaa…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar